blog ini berisikan tentang tutorial blog, tutorial photoshop, tips dan trik photoshop, cara mendapatkan bitcoin gatis, cinta dan kasih sayang, belajar web prgramming

Pengertian Website

by arbi , at 1/04/2015 01:53:00 AM , has 6 komentar
pengertian website
Menurut Sibero (2011b:11) “Website adalah suatu sistem yang berkaitan dengan dokumen digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, gambar, multimedia dan lainnya pada jaringan internet”.

Menurut Arief (2011a:7) “Web adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, animasi, video) didalamnya yang menggunakan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut browser”. 

Menurut Arief (2011b:8) “Browser adalah aplikasi yang mampu menjalankan dokumen-dokumen web dengan cara diterjemahkan”. Prosesnya dilakukan oleh komponen yang terdapat didalam aplikasi browser yang biasa disebut Web Engine. Semua dokumen web ditampilkan oleh browser dengan cara diterjemahkan. Beberapa jenis browser yang populer saat ini diantaranya adalah Internet Explorer yang diproduksi oleh Microsoft, Mozilla Firefox, Opera, dan Safari yang diproduksi oleh Apple.

Ditinjau aspek content atau isi, web dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu web statis dan web dinamis. Web Statis adalah web yang isinya atau content tidak berubah-ubah. Maksudnya adalah isi dari dokumen web tersebut taidak dapat diubah secara cepat dan mudah. Ini karena teknologi yang digunakan untuk membuat dokumen web ini tidak memungkinkan dilakukan perubahan isi atau data. Teknologi yang digunakan untuk web statis adalah jenis Client Side Scripting seperti HTML, Cascading Style Sheet (CSS). Contoh situs web statis diantaranya adalah web profil perusahaan yang lebih dominan menggunakan animasi flash atau HTML, web kumpulan produk animasi.

Web Dinamis adalah jenis web yang content atau isinya dapat berubah-ubah setiap saat. Untuk membuat web dinamis diperlukan beberapa komponen yaitu Client Side Scripting (HTML, Javascript, Cascading Style Sheet), Server Side Scripting seperti PHP, program basis data seperti MySQL untuk menyimpan data-datanya. Contoh situs web dinamis diantaranya adalah situs web berita, situs web e-Commerce dan situs web e-Banking.

Menurut Arief (2011a:8) Pengertian website adalah ”kumpulan dari halaman web yang sudah dipublikasikan di jaringan internet dan memiliki domain/URL (Uniform Resource Locator) yang dapat diakses semua pengguna internet dengan cara mengetikan alamatnya”. Hal ini dimungkinkan dengan adanya teknologi World Wide Web (WWW) fasilitas hypertext guna menampilkan data berupa teks, gambar, animasi, suara dan multimedia lainnya data tersebut dapat saling pada web server untuk dapat di akses melalui jaringan internet. Agar data pada web dapat di baca kita harus menggunakan web server terlebih dahulu seperti Mozila Firefox, Internet Explorer, Opera Mini atau yang lainnya.

Menurut Hidayat (2010:6) website adalah keseluruhan halaman-halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang mengandung informasi. Sebuah website biasanya dibangun atas banyak halaman web yang saling berhubungan. Jadi dapat dikatakan bahwa, pengertian website adalah kumpulan halaman-halaman. yang digunakan untuk menampilkani informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman. Hubungan antara satu halaman website dengan halaman website lainnya disebut dengan hyperlink, sedangkan teks yang dijadikan media penghubung disebut hypertext.

Situs website di kategorikan menjadi 2 yaitu website statis dan website dinamis, website statis adalah website yang berisi atau menampilkan informasi – informasi yang sifatnya tetap (statis), sedangkan website dinamis adalah website yang menampilkan informasi serta dapat berinteraksi dengan user.
Pengertian Website
About
Pengertian Website - written by arbi , published at 1/04/2015 01:53:00 AM, categorized as web programming . And has 6 komentar
6 komentar Add a comment
Jika keduanya dikombinasikan bisa atau tidak gan?

bagi yang ingin menambah ilmu pembuatan website bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html
Reply Delete
Malam gan , boleh tau ga ya buku arief 2011:11 itu judulnya bukunya apa ?
Ditunggu responnya ya buat skripsi gan
Reply Delete
tambahin lampiran referensi dong.. buat daftar pustaka
Reply Delete
tampilin daftar pustakanya juga dong
Reply Delete
tolong di tampilin dafatar pustakanya dong
Reply Delete
Bck
Cancel Reply

support

Copyright ©2013 ehnanda by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->